Untas Mulai Perjuangan Baru

Senin, 25 Juli 2011

Sabtu, 29 Jan 2011, | 179
DPW dan DPD Dipastikan Hadir
Hari Ini, DPP Untas Dilantik
KUPANG, Timex - Persiapan pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Uni Timor Aswain (Untas) Periode 2010-2014 sudah final. Sabtu (29/1) hari ini dipastikan acara pelantikan sudah digelar.

Panitia menyatakan seluruh pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) akan hadir. Terkait persiapan ini, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Untas, Filomeno J Hornay, kepada Timor Express, Jumat (28/1) kemarin, menjelaskan persiapan sudah 100 persen, tinggal pelaksanaan acara pelantikan.

Dia juga menyatakan kesiapan DPD dan DPW untuk menghadiri undangan DPP. "Sudah diundang, sehingga besok (hari ini, Red) mereka sudah tiba, baik dari daerah maupun dari Jakarta dan daerah lain," kata Filomeno.

Dikatakan, pihak panitia telah menyiapkan berbagai rangkaian acara untuk keberlangsungan acara pelantikan. Pengurus DPP yang dilantik hari ini, terdiri atas 13 orang ketua, 13 wakil sekretaris jenderal, 13 departemen bersama anggota-anggotanya. Mereka akan dilantik oleh Ketua Umum Untas Periode 2010-2014, Eurico Guterres.

Selanjutnya, kata Filomeno, acara pelantikan ini juga dirangkai dengan acara syukuran hari ulang tahun (HUT) Untas Ke-11. Menurutnya, setelah 11 tahun Untas berdiri, selalu ada dinamika yang terjadi. Bahkan, tak jarang ada perbedaan pemikiran hingga terjadi perseteruan.

Maka, momen syukuran HUT Untas menjadi ajang merekatkan kembali tali persaudaraan diantara warga eks Timtim. "Semua kalangan kita harapkan hadir, termasuk warga eks Timtim yang kita undang. dari kamp-kamp pengungsian juga kita undang, tentu tidak semua. Hanya beberapa yang menjadi perwakilan," kata Filomeno.

Seperti dilansir sebelumnya, DPP Untas akan segera berdialog dengan tokoh-tokoh eks Timtim dan anggota Untas di Atambua untuk dibentuk pengurus DPD, sebab anggota Untas yang berdomisili di Atambua merupakan warga dari sembilan eks kabupaten Timtim. "Sehingga perlu ada kesepakatan apakah hanya dibentuk satu DPD atau tetap jadi sembilan DPD," tandasnya.

Selain membentuk DPD di setiap kabupaten/kota, DPP Untas juga akan membentuk DPW di beberapa daerah. Dalam waktu dekat akan dibentuk DPW NTT, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Lima daerah tersebut menjadi target pertama dari DPP sekaligus memenuhi syarat pengurusan administrasi di Dirjen Kesbangpol Kementerian Dalam Negeri.

Selanjutnya akan menyusul daerah-daerah lain. "Berdasarkan kesepakatan bahwa di NTT harus ada satu DPW, karena NTT punya banyak kabupaten. Kita utamakan lima daerah itu untuk memenuhi syarat lima DPW untuk daftar ke Kemendagri," katanya.

DPP juga akan berkonsentrasi pada pengurusan berbagai administrasi organisasi yang hingga saat ini belum terselesaikan. Oleh karena itu, akan diproses juga semua persyaratan yang harus diberikan kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi dan kabupaten/kota. Selanjutnya baru didaftar ke Kemendagri. (sam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar